Kamis, 04 Juli 2013

Komunikasi dalam pertemuan dan rapat

Komunikasi dalam pertemuan dan rapat

1. Pertemuan
Bertemunya orang dengan seseorang atau berkumpulnya orang dalam suatu tempat untuk membicarakan sesuatu seperti adanya forum pembicaraan. Dalam bidang usaha misalnya dilakukkan antara pemimpin dengan stafnya, yang dimaksudkan untuk menghimpun pendapat.
2. Rapat
Rapat juga merupakan pertemuan guna menyampaikan apa yang menjadi kewenangan dari pembuat keputusan. Biasanya rapat mempunyai unsur seperti, adanya undangan rapat, tempat rapat, dan adanya perlengkapan rapat
3. Komunikasi dalam pertemuan dan rapat
Saat melakukan pertemuan dalam rapat para peserta hendaknya :
-berkomunikasi secara jujur
-berperan senagai komunikator
-mampu mengendalikkan diri
4. Tekhnik Berbicara, Membaca dan mendengarkan
Komunikasi akan tersampaikan dengan baik apabila si pembicara paham betul tentang topik atau tema dalam suatu pertemuan dan mampu menyampaikan dengan bahasa yang mudah di mengerti sehingga pesan akan mudah tersampaikan kepada si pendengar. Selain itu agar topik tersampaikan si pembicara harus bisa memahami dari bahan yang dia baca di butuhkan kemampuan menangkap isi dari bahan yang dibaca. Si pembicara sudah menguasai tekhnik berbicara dan membaca tinggal si pendengar dimana dia harus didukung olek sikap ingin tahu, sabar dan mampu mencernakan isi suara yang didengar. Untuk dapat mendengarkan dengan baik diperlukan konsentrasi dan kepekaan indera pendengaran kita.
5. Menyusun pesan
Komunikasi tertulis ialah bisnis yang sangat penting sekali, sebab itu adalah sumber utama dokumen. Jadi kita harus menulis intisari dalam dokumen untuk disampaikan ke dalam forum dan harus di susun secara sistematis.

sumber:http://luckyalimartha.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar